Blog Right Sidebar

Cara Menjual Pakaian Agar Cepat Laku

June 4, 2024rnb
Cara menjual pakaian agar cepat laku, Menjual pakaian merupakan bisnis yang menarik dan potensial, tetapi persaingan yang tinggi juga dapat menjadi tantangan.Untuk mencapai kesuksesan dalam menjual pakaian, Anda perlu menerapkan strategi yang tepat agar produk Anda cepat laku dan menarik banyak pelanggan. Artikel ini akan memberikan panduan tentang cara menjual pakaian agar cepat laku dan meningkatkan penjualan Anda.
  1. Pilih Produk Yang Menarik dan Berkualitas
Langkah pertama untuk meningkatkan penjualan pakaian adalah memilih produk yang menarik dan berkualitas tinggi. Pastikan Anda menjual pakaian dengan desain yang trendi, bahan yang nyaman, dan kualitas yang baik.Memahami selera dan kebutuhan pasar target Anda akan membantu Anda menentukan produk yang tepat untuk dijual.
  1. Tawarkan Beragam Pilihan dan Ukuran
Setiap orang memiliki preferensi dan ukuran tubuh yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk menyediakan beragam pilihan pakaian dan ukuran. Pastikan stok Anda mencakup berbagai gaya, warna, dan ukuran untuk mencakup kebutuhan beragam pelanggan Anda.
  1. Buat Penampilan yang Menarik
Presentasi yang menarik adalah kunci untuk menarik perhatian calon pembeli. Pastikan Anda menyusun pakaian Anda dengan rapi, memberikan pencahayaan yang baik pada gambar produk, dan mempertimbangkan penggunaan model untuk menunjukkan bagaimana pakaian terlihat saat dikenakan. Gambar yang menarik dan profesional akan membuat produk Anda lebih menonjol di antara pesaing.
  1. Gunakan Media Sosial dan Pemasaran Digital
Media sosial adalah alat yang sangat efektif untuk mempromosikan pakaian Anda dan menjangkau lebih banyak pelanggan potensial. Manfaatkan platform seperti Instagram, Facebook, dan Pinterest untuk membagikan gambar pakaian Anda, melakukan kontes, dan berinteraksi dengan audiens Anda.Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan iklan berbayar di platform seperti Facebook Ads dan Google Ads untuk meningkatkan jangkauan kampanye Anda.
  1. Berikan Penawaran Khusus dan Diskon
Diskon dan penawaran khusus dapat menjadi daya tarik bagi calon pembeli. Pertimbangkan untuk menawarkan diskon bagi pembelian pertama atau memberikan kode promo kepada pelanggan yang berlangganan newsletter Anda. Ini akan mendorong pelanggan potensial untuk melakukan pembelian dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
  1. Berikan Layanan Pelanggan yang Baik
Layanan pelanggan yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan Anda. Tanggapi pertanyaan atau keluhan dari pelanggan dengan cepat dan ramah. Berikan pelayanan yang baik dari awal hingga akhir, mulai dari proses pembelian hingga pengiriman dan pengembalian barang.
  1. Berpartisipasi dalam Pameran dan Pasar Online
Berpartisipasi dalam pameran dan pasar online adalah cara yang baik untuk meningkatkan eksposur produk Anda.Pameran pakaian atau pasar online khusus dapat membantu Anda menjangkau pelanggan baru dan menarik perhatian dari calon pembeli yang tertarik dengan produk pakaian.anda juga bisa menggunakan jasa kelola sosmed untuk meningkatkan bisnis anda.
  1. Gunakan Ulasan dan Rekomendasi
Ulasan pelanggan dan rekomendasi dapat membantu membangun kepercayaan dan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Pastikan untuk meminta pelanggan yang puas untuk memberikan ulasan tentang produk Anda dan berbagi pengalaman mereka dengan produk pakaian Anda.
  1. Tetap Mengikuti Tren dan Musim
Industri pakaian selalu berubah dan terus berkembang. Tetap mengikuti tren terkini dan musim akan membantu Anda menawarkan pakaian yang relevan dan diinginkan oleh pelanggan. Pantau tren mode terbaru dan pastikan stok Anda selalu segar dan up-to-date.
  1. Berikan Pengalaman Berbelanja yang Menyenangkan
Terakhir, pastikan pelanggan Anda memiliki pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Buat proses pembelian yang mudah dan intuitif, sediakan informasi produk yang lengkap, dan berikan pelayanan yang ramah dan profesional.Pengalaman berbelanja yang positif akan meningkatkan peluang pelanggan kembali berbelanja di masa depan dan merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain.

Cara Daftar Google Bisnisku untuk UMKM agar Makin Dikenal

June 2, 2024rnb

Cara Daftar Google Bisnisku untuk UMKM agar Makin Dikenal

Pelaku usaha mulai dari UMKM hingga pengusaha besar kini lebih mudah menjangkau konsumen dengan memasarkan produknya dengan adanya produk digital yang ditawarkan perusahaan teknologi. Salah satunya yang ditawarkan Google yang memiliki layanan Google Bisnisku. Produk ini memudahkan pemilik usaha menyiarkan bisnisnya ke dunia digital sehingga dapat menjangkau konsumen lebih luas.  

Google Bisnisku merupakan salah satu layanan Google yang bisa digunakan untuk pelaku usaha atau organisasi untuk menghadirkan bisnisnya di internet. Lokasi usaha/organisasi dapat dengan mudah ditemukan konsumen melalui mesin pencari Google dan Google Maps. 

Google Bisnisku berguna untuk membantu para pelaku usaha memberikan informasi detail mengenai bisnisnya dan memudahkan pelanggan menemukan lokasi usahanya. 

Adapun terdapat beberapa manfaat yang akan didapatkan pelaku usaha khususnya para UMKM, yaitu: 

  • Dapat menampilkan profil bisnis di Google Maps sehingga lebih mudah ditemukan pelanggan Meningkatkan kepercayaan untuk pelanggan  
  • Mendapatkan ulasan dari pelanggan melalui rating bintang  Anda dapat langsung menganalisis trafik pelanggan dengan adanya tool lengkap analisa di dasbor Google Bisnisku  
  • Pelanggan juga dapat langsung menghubungi bisnis Anda melalui nomor telepon, website, dan informasi detail lainnya yang telah tertera.  

Untuk Anda yang akan membuat akun Google Bisnisku, pastikan Anda memiliki akun Google standar sebelum melanjutkan membuat akun. Untuk membuat akun Google standar, berikut ini beberapa langkahnya. 

  1. Buka accounts.google.com/signin 
  2. Klik “Create Account” 
  3. Pilih “To manage my business” 
  4. Kemudian isi data secara lengkap 
  5. Setelah itu tambahkan profil bisnis Anda. 

Jika bisnis Anda sudah terdaftar pada Google Maps, cukup dengan pilih salah satu lokasi yang telah tertera. Namun, jika belum tersedia Anda dapat menambahkan tempat bisnis Anda terlebih dahulu di Google Maps

Lantas apa perbedaan akun Google biasa dengan akun Google khusus bisnis? Akun Google standar biasanya hanya memiliki akses untuk Google Doc, Google Drive, Google Photos, dan lainnya. Sedangkan pada akun Google Bisnisku, Anda akan memiliki dasbor dan tool untuk mengelola dan melengkapi profil bisnis. 

ini langkah-langkah dalam membuat akun Google Bisnisku. 

  1. Pastikan Anda telah masuk/log in ke akun Google standar 
  2. untuk bisnis Buka laman google.com/business 
  3. Pilih “Manage now” 
  4. Isi informasi dasar seperti nama bisnis Anda, alamat, situs web, nomor telepon, area pengiriman, dan kategori 
  5. Langkah selanjutnya adalah mengeklaim profil bisnis Anda dengan membuka Google Maps. 
  6. Caranya cari nama dan lokasi bisnis > klik profil bisnis > pilih “Claim this business” > lalu klik “Manage now”.  
  7. Langkah terakhir adalah memverifikasi kepemilikan bisnis Anda.

Setelah selesai mengisi informasi data bisnis secara lengkap, Anda diminta untuk menunggu surat verifikasi dari Google yang akan langsung dikirimkan ke alamat yang telah dicantumkan. Sebagian besar surat verifikasi yang dikirim via pos dan akan tiba dalam waktu 14 hari tetapi lama waktu pengiriman tersebut dapat bervariasi.  Selama proses verifikasi, Anda tidak dapat mengedit nama, alamat, atau kategori bisnis Anda.

Itulah cara membuat akun Google Bisnisku untuk UMKM agar semakin banyak dikenal. Semoga membantu.

Cara Menjual Obat yang Agar Laku di Apotek Anda

rnb

Cara Menjual Obat yang Agar Laku di Apotek Anda

Cara Menjual Obat – Bisnis apotek saat ini mulai banyak dilirik sebagian besar pihak. Alasannya, bisnis ini mampu mendatangkan omzet yang cukup besar. Hal ini dikarenakan bisnis apotek menyediakan obat dan alat kesehatan yang sewaktu-waktu dapat dibutuhkan oeh masyarakat. Lalu, bagaimana cara menjual obat agar cepat laku di apotek Anda? Ada baiknya simak ulasannya di bawah ini.

Kenali target pasar

Langkah penting yang harus diperhatikan jika Anda ingin sukses menjual obat di apotek agar laku keras adalah dengan menentukan target pasarnya. Penentuan target pasar apotek pada dasarnya memang untuk segala usia. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menyediakan obat-obatan untuk balita hingga para orang lanjut usia. Lalu klasifikasikan agar semakin mudah melakukan pendataan

Selain itu, apotek Anda akan semakin menguntungkan bila lokasinya berada di tempat strategis. Semisalnya di dekat pertokoan, dan yang paling baik lagi adalah tidak jauh dari pusat layanan kesehatan publik. Begitu juga dengan aksesnya, orang akan lebih mudah menjangkau bila akses apotek dekat dengan jalan utama.

Jangan membiarkan stok obat menipis

Hal kedua yang harus diperhatikan ialah keberadaan stok obat. Bila apotek Anda masih dalam tahap merintis atau masih baru, usahakan obat yang dijual adalah obat wajib yang dikeluarkan menurut Kementerian Kesehatan atau biasanya obat paling sering dibutuhkan masyarakat pada umumnya.

Jangan sampai keberadaan stok obat menipis karena Anda lalai mengeceknya. Jadi, apabila pembeli mencari obat tersebut, stoknya tidak ada. Inilah yang membuat mereka enggan kembali mengunjungi apotek Anda. Mencegah hal ini, Anda perlu untuk mengecek stok obat secara berkala semisalnya satu bulan sekali.

Jangan hanya berfokus pada menjual obat

Banyak orang beranggapan bahwa jika apotek adalah tempat menjual obat saja. Hal ini memang benar, namun di sisi lain apotek juga bisa menjual produk lainnya. Misalnya saja alat kesehatan. Anda bisa menawarkannya kepada para konsumen mengenai peralatan tersebut ketika membeli obat.

Namun, obat yang ditawarkan haruslah relevan dengan alat kesehatan yang dijual. Termasuk tabung oksigen dan sebagainya. Tentu, dengan Anda menjual alat kesehatan akan menambah nilai penjualan. Terlebih lagi bila alat kesehatan dan obat tersebut tidak ada di apotek lainnya.

Kerjasama dengan dokter atau klinik

cara menjual obat tidak di apotek tidak hanya sekadar interaksi antara penjual dan pembeli saja. Lebih dari itu, Anda pun juga perlu melakukan kerjasama dengan pihak terkait. Pihak terkait yang dimaksud di sini adalah klinik maupun dokter praktek. Kerjasama dengan klinik maupun dokter praktek tersebut bertujuan untuk membantu Anda ketika melakukan penyediaan produk yang sebelumnya belum ada di apotek Anda.

Anda pun juga bisa dapat mengetahui obat apa saja yang biasanya diresepkan oleh dokter ataupun klinik. Mengenai kerjasama ini, sebaiknya Anda atur sedemikian rupa agar kedua belah pihak baik antara dokter maupun klinik dan apotek Anda tidak ada yang dirugikan.

Berdoa meminta kelancaran bisnis

Jangan lupakan berdo’a karena yang bisa membuat laris dagangan / jualan anda hanyalah Sang Pencipta.  Karena walaupun kita sudah melakukan banyak faktor untuk melariskan jualan kita, jika Tuhan tidak berkendak, maka juga sia-sia saja. Jadi jangan lupakan untuk berdo’a dan beribadah.

Gunakan aplikasi apotek terbaik

Terakhir, penting bagi Anda untuk menggunakan aplikasi apotek terbaik dalam segala pelayanan maupun transaksi. Di era dengan kemajuan teknologi seperti sekarang, penggunaan aplikasi sangatlah penting untuk menunjang kebutuhan.

Salah satu aplikasi apotek tersebut adalah Vmedis Apotek. Aplikasi ini dilengkapi berbagai ragam fitur yang sanga berguna untuk melakukan pelayanan apotek. Di antaranya adalah data pareto obat yang merupakan klasifikasi obat mana yang terjual dalam periode tertentu. Dalam data pareto obat ini Anda bisa mengetahui obat mana sajakah yang memiliki kontribusi besar dalam mendatangkan omzet selama kurun waktu tertentu.

Tentu dengan menggunakan aplikasi apotek dan strategi di atas memberikan pengaruh signfikan dalam penjualan obat di apotek Anda dan menjadi cepat laku.

Bagaimana Cara Agar Sukses Dalam Bisnis Bidang Fashion?

rnb

Bagaimana Cara Agar Sukses Dalam Bisnis Bidang Fashion?

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar sukses menjalankan bisnis fashion:

Lakukan Riset Pasar

Sebelum memulai untuk membangun usaha, lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan atau permintaan pasar. Tentukan siapa pelanggan Anda. Dengan menentukan pelanggan di awal memulai bisnis, Anda dapat lebih mudah dalam proses pemasaran dan menentukan jenis produk yang ingin dipasarkan.

Ada jenis orang yang ingin membeli pakaian dengan kualtias yang baik dan harga terjangkau, ada juga yang ingin model yang sesuai trend masa kini. Dua target market ini akan menentukan jenis barang yang akan Anda jual, cara marketing, dll. Dengan adanya riset di awal, Anda dapat menentukan bisnis fashion apa yang Anda ingin bangun.

Buatlah Business Plan Berdasarkan Riset Anda

Business Plan menjadi salah satu persiapan yang dibutuhkan untuk merencanakan hal seperti seperti anggaran, proses transaksi, pengiriman, sistem retur dan sebagainya.

Jika Anda ingin memproduksi produk Anda sendiri, berarti ada tambahan seperti desain produk, menentukan brand atau merek serta budget untuk mempromosikan merek Anda.

Tentukan jenis pakaian yang ingin Anda jual dan pelajari jenis bahan yang diminati pembeli saat ini.

Kemudian carilah vendor atau supplier yang terpercaya karena mereka yang akan memproduksi produk bisnis fashion Anda.

Ikuti Tren

Menjalankan bisnis fashion sedikit berbeda dengan bisnis pada umumnya. Karena banyak pelanggan akan terus mengikuti tren yang sedang berkembang saat itu. Oleh karena itu, sebagai pelaku bisnis fashion Anda perlu memperhatikan tren yang sedang berkembang.

Jangan terlalu banyak menumpuk stok produk jika belum memiliki banyak pelanggan.

Ikutilah tren mode yang sedang banyak dicari konsumen dan pergunakan tren sebagai indikator produk yang harus cermati.

Strategi Pemasaran yang Tepat

Sama halnya dengan menjalankan bisnis lain, dalam berbisnis fashion, Anda juga perlu menggunakan strategi pemasaran yang tepat.

Anda bisa berpromosi dengan menggunakan online marketing maupun non-online marketing.

Banyak para pengusaha fashion membuat grup pada social media yang berisi target pelanggan dan mem-posting gambar produk pada grup tersebut.

Cara bisnis ini cukup efektif jika Anda sudah meminta izin terlebih dahulu dari target market yang bersangkutan. Jangan sampai target market Anda merasa diganggu karena postingan gambar produk Anda secara terus-menerus.

Buka Toko

Membuka toko, baik online maupun offline harus Anda miliki sebagai tempat transaksi bisnis. Jika Anda belum memiliki cukup modal untuk membuka toko yang besar, maka mulailah dari yang kecil namun menarik.

Gunakan kreativitas untuk mendesain toko Anda. Toko yang menarik akan dilihat lebih banyak calon konsumen dan tentunya mendatangkan pembeli. Hal ini berlaku baik untuk toko online maupun offline Anda.

Bekerjasama dengan Influencer/Buzzer

Untuk memperkenalkan produk fashion yang Anda jual, Anda perlu bekerja sama dengan influencer atau buzzer dengan profesi model maupun publik figur. Cobalah minta model atau publik figur ini mengenakan produk tersebut dan mempostingnya melalui social media bisnis Anda maupun social media mereka.

Hal ini tentu menjadikan promosi bisnis lebih menarik. Selain itu, jika sebuah fashion item dikenakan oleh orang yang terkenal, maka akan ada banyak orang yang menginginkannya. Dengan demikian, bisnis Anda akan berjalan dengan lancar.

Berikan Diskon

Semua orang pasti menyukai diskon, apalagi wanita dalam mencari kebutuhan fashion.

Oleh karena itu, cobalah sesekali memberikan diskon pada pelanggan agar mereka lebih sering membeli produk Anda dan menjadikan mereka lebih loyal.

Berikan diskon di hari-hari tertentu, misalnya saat hari belanja nasional, hari konsumen, potongan harga saat ulang tahun, dan sebagainya.

Jika Anda ingin sukses dalam bisnis fashion, Anda harus bisa menerapkan cara bisnis di atas. Setelah menerapkan semua cara tersebut, kesuksesan semakin dekat dan Anda bisa menjadi pengusaha yang sukses.

Namun yang perlu dipahami, bahwa kesuksesan dalam usaha akan selalu berkaitan erat dengan masalah keuangan.

Mustahil bagi seorang pengusaha untuk memiliki cara atau strategi apapun dalam bisnis jika tidak diimbangi oleh pengelolaan keuangan untuk mendukung strategi tersebut.

8 Cara Jualan Makanan Online, Bikin Profit Melonjak Naik!

rnb

8 Cara Jualan Makanan Online, Bikin Profit Melonjak Naik!

Sebagai seorang pengusaha di bidang kuliner, Anda harus pahami cara jualan makanan online di bawah ini. Sekali terapkan, profit langsung melonjak naik!

Dalam memulai usaha, cara jualan makanan online harus mulai dipertimbangkan saat ini. Karena berkembangnya teknologi yang semakin canggih, kebiasaan masyarakat pun mulai berubah. 

Pasalnya, 10 tahun ke belakang mungkin para pebisnis bisa mengabaikan berpindah ke usaha online. Namun saat ini, mau tidak mau, Anda harus mulai membiasakan diri dengan perubahan yang ada. 

Jualan makanan online tidak sama dengan jualan offline. Hal tersebut dikarenakan penerapan strategi marketing yang berbeda. Dalam dunia online, menjual suatu produk atau jasa tidak hanya bisa sembarang menjual saja

Ada banyak hal kompleks yang wajib Anda pahami. Namun tenang saja, kami akan bahas secara rinci apa saja cara jualan online makanan agar cepat laku pada artikel ini.

Bagaimana Cara Jualan Makanan Online Agar Cepat Laku?

Di era digital ini, orang-orang sudah bisa menjadi pebisnis online dengan mudah. Hal tersebut didukung dari banyaknya platform marketplace yang menunjang transaksi jual beli antara penjual dan pembeli. 

Namun nyatanya, masih banyak orang yang belum paham bagaimana cara jualan makanan online yang ampuh untuk menaikan profit penjualan. Penasaran?

  1. Ramaikan Sosial Media

Salah satu tips paling ampuh membuat bisnis makanan online laris manis adalah dengan meramaikan sosial media. Saat ini, sosial media menjadi platform terbaik yang bisa menghubungkan langsung para penjual dan pembeli untuk melakukan interaksi sampai ke tahap transaksi. 

Saat ini, ada banyak sosial media yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis kuliner yang ada, seperti TikTok, Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya. 

Nah, cara jualan makanan online di Facebook dan sosial media lainnya sangat mudah! Anda hanya perlu membuat satu akun bisnis yang akan digunakan sebagai akun jualan. Khusus untuk Facebook, Anda bisa buat sebuah halaman atau page official dari bisnis yang dijalani. 

  1. Siapkan Foto Produk Makanan Yang Menggoda

Tidak… Dalam mengembangkan bisnis online, Anda tidak boleh meremehkan foto produk yang akan dipasang sebagai iklan. Percaya tidak percaya, foto produk adalah magnet dari sebuah bisnis kuliner. Sekarang coba tanya pada diri Anda sendiri. 

Jika melihat sebuah foto makanan yang menarik, objek terlihat enak untuk disantap, dan hal lainnya yang mendukung di dalam foto, apakah Anda akan tergoda untuk membelinya?

Jawabannya pasti, iya! 

Maka dari itu, foto produk bisnis makanan online rumahan sangat penting untuk Anda pertimbangkan. Apabila Anda tidak memiliki kemampuan fotografi yang mumpuni, silahkan coba menggunakan jasa profesional untuk memotret produk Anda secara proporsional. 

Anda hanya akan terima beres dan pasang foto produknya di sosial media dan buku menu.

  1. Update Menu Baru Secara Rutin

Meskipun bisnis kuliner berjalan dengan mulus, namun menjual makanan online tentunya memiliki tantangan yang lebih berat karena kompetitor akan terus muncul. Maka dari itu, sebagai pengusaha, Anda harus terus mengeluarkan inovasi baru seperti mengeluarkan menu baru di setiap bulan atau pada periode tertentu. 

Inovasi terbaru itulah yang akan membuat pelanggan lama atau baru penasaran untuk mencobanya. Jadi mereka tidak akan pernah bosan untuk terus membeli makanan di toko online Anda. 

Yup, inilah salah satu cara jualan makanan online yang laku setiap hari. Tentunya akan membantu toko Anda lebih stabil dan juga memiliki jangkauan pembeli yang lebih luas. Jika ditambah dengan inovasi tersebut, bisnis kuliner Anda akan terus mengalami perkembangan yang meningkat.

  1. Kerjasama dengan Influencer Kuliner

Menerapkan strategi marketing tentu saja penting. Namun membuat pendekatan yang lebih personal kepada target audiens tentu saja tidak kalah penting. 

Cara jualan makanan online di poin ini adalah bekerja sama dengan para influencer di bidang kuliner. Ingat, bidang kuliner! Artinya melakukan kerja sama dengan seseorang yang telah memiliki audiensnya sendiri, namun khusus topik kuliner. 

Kenapa harus di bidang kuliner? Apakah tidak boleh bekerja sama dengan influencer dari bidang yang lain?

Sebagai informasi, influencer adalah pihak yang memiliki pengaruh besar kepada para audiensnya. Nah, jika Anda melakukan kerja sama dengan influencer kuliner, otomatis para audiensnya adalah orang-orang yang menyukai topik sama, yaitu makanan.

  1. Daftar Aplikasi Jual Makanan Online

Jangan lupa untuk mencoba aplikasi jual makanan online agar bisnis Anda lebih laris manis. Pasalnya, aplikasi pesan makanan online menjadi kebutuhan baru yang dibutuhkan oleh masyarakat. 

Apalagi mengingat tersedianya transaksi yang mudah, orang-orang ini merasa lebih efektif untuk membeli makanan melalui aplikasi. Dibanding membeli langsung melalui toko makanan offline, pesan makanan melalui aplikasi sering memberikan keuntungan lebih bagi para pengguna. 

Contohnya seperti diskon dan ongkos kirim yang sering menjadi fitur menguntungkan. Anda bisa mulai gunakan aplikasi jualan makanan online seperti GoFood, ShopeeFood, GrabFood, dan lainnya.

  1. Berikan Promo

Setelah Anda mendaftarkan bisnis kuliner ke aplikasi makanan online, strategi marketing selanjutnya yang bisa diterapkan adalah memberikan promo menarik. Tidak bisa disangkal bahwa promo menjadi akar bisnis yang paling berpengaruh. Pasalnya, sifat alamiah masyarakat adalah mudah tergoda dengan promo yang tersedia. 

Sekali melihat adanya promo, besar kemungkinan mereka akan membeli produk tersebut. Bahkan promo sendiri dijadikan momen sebagai ‘kapan lagi bisa dapet harga murah kayak sekarang’. Hingga akhirnya banyak orang yang terlena dengan adanya keuntungan ini. 

Promo dalam bisnis kuliner bisa diterapkan pada gratis ongkos kirim, biaya potongan makanan, beli 1 gratis 1, beli 1 gratis produk lainnya, dan masih banyak lagi yang bisa disesuaikan dengan event tertentu.

  1. Kelola Sosial Media dan Gunakan Ads

Cara jualan makanan online selanjutnya adalah dengan mengelola sosial media bisnis Anda sebaik mungkin. Dengan memahami poin nomor 1 di atas, artinya Anda sudah harus siap mengelola sosial media yang ada sebagai sarana mengembangkan bisnis. 

Di sini, Anda sudah harus mulai terbiasa dengan cara membuat konten-konten menarik yang relevan dengan bisnis. Namun konten yang menarik tidak harus melulu konten hard selling (mengiklankan secara jelas). Anda bisa mulai membuat konten-konten softselling dengan menerapkan copywriting di dalamnya

Selain itu, manfaatkan juga fitur Ads atau iklan yang tersedia di beberapa platform. Contohnya seperti Facebook Ads dan Instagram Ads. Dengan menggunakan fitur iklan tersebut, Anda bisa menjangkau calon pembeli dengan lebih luas lagi.

Bahkan bisa mengatur siapa saja target konsumen Anda berdasarkan jenis kelamin, umur, tempat tinggal, kebiasaan, dan lainnya.

  1. Memasang Iklan di Akun Sosial Media Besar

Di beberapa platform, ada akun-akun besar yang sudah memiliki jutaan followers. Anda bisa memanfaatkan akun tersebut dengan melakukan paid promote atau promosi berbayar dengan pemilik akun tersebut. 

Berbeda dengan influencer, akun besar ini hanya sebagai media iklan yang tidak menggunakan pendekatan personal. Contoh akun kuliner yang sering melakuan paid promote seperti @katalogpromosi di Instagram. 

Akhir Kata

Bagaimana? Sekarang Anda sudah paham apa saja cara jualan makanan online yang akan meningkatkan profit. Tentu saja, keuntungan yang bisa Anda dapatkan tidak instan. Setidaknya harus mengerti alur digital marketing dari bisnis yang dijalani agar tidak kehilangan arah. 

Cara Lakukan Ekspor untuk UMKM, Bisa Lewat Online

rnb

Cara Lakukan Ekspor untuk UMKM, Bisa Lewat Online

Berkembangnya teknologi yang semakin pesat membuat platform perdagangan juga semakin berinovasi dan maju. Salah satunya adanya berbagai startup perdagangan atau yang biasa disebut dengan e-commerce. 

Melalui e-commerce baik pedagang maupun pembeli memiliki banyak keuntungan. Tentu saja setiap e-commerce di Indonesia memiliki visi dan misinya sendiri untuk memberikan terbaik pada masyarakat Indonesia.

Salah satunya adalah e-commerce MadeInIndonesia.com yang baru-baru ini mengabarkan berita baik yaitu platform e-commerce MadeInIndonesia akan menyediakan portal ekspor bagi kelompok usaha kecil dan menengah. 

Sebelumnya, MadeInIndonesia.com merupakan e-commerce yang memiliki mekanisme B2B business-to-business. Singkatnya e-commerce ini khusus untuk para konsumen yang akan membeli barang dengan harga grosir dengan tujuan untuk dijual kembali.

Tujuan MadeInIndonesia.com menyediakan portal ekspor untuk para pelaku usaha kecil menengah adalah untuk memangkas mata rantai alur perdagangan lintas negara dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Seperti yang dipratikkan beberapa negara lain.

Perbesar

Tak hanya itu, situs ini juga memberikan wadah agar produsen dan UKM di Indonesia dapat bertransaksi langsung dengan konsumen di luar negeri. Dengan fasilitas portal ekspor dari MadeInIndonesia dapat mengurangi pungutan oleh calo atau broker dalam dunia ekspor juga.

Manfaat lain yang dapat dirasakan para UKM adalah situs ekspor yang dibuka oleh MadeInIndonesia.com adalah UKM di Indonesia dapat menawarkan dan menjual produk pertanian, kerajinan, makanan, dan sebagainya ke pasar ekspor.

Sebenarnya tak hanya UKM Indonesia saja yang dapat memanfaatkan situs ini, tapi juga terbuka bagi perusahaan mana pun yang beroperasi di Indonesia dan pembeli potensial di luar negeri.

Keuntungan yang diperoleh para UKM atau bahkan perorangan yang memanfaatkan situs ini tak hanya terhindar dari calo, tapi juga semakin paham dan mudah dalam menjual segala produk dengan target pasar luar negeri melalui situs ekspor MadeInIndonesia.com hal ini juga selaras dengan fasilitas lain yang ditawarkan yaitu membantu penyediaan kredit ekspor dan jasa pengapalan ke luar negeri.

E-commerce MadeInIndonesia.com walaupun baru saja lahir April tahun lalu tapi telah memiliki dukungan dari berbagai pihak termasuk salah satunya Kementerian Perdagangan dan berbagai perusahaan multinasional yang beroperasi di Indonesia.

Adapun berikut ini syarat-syarat menjadi eksportir menurut MadeInIndonesia.com

  1. Merupakan badan hukum dalam bentuk CV, Firma, PT, Persero, Perum (Perusahaan Perseroan), Perum (Perusahaan Umum), Perjan (Perusahaan Jawatan), Koperasi
  2. Memiliki NPWP
  3. Memiliki salah satu izin yang dikeluarkan oleh Pemerintah seperti:

– SIUP dari Dinas Perdagangan

– Surat Izin Industri dari Dinas Perindustrian

– Izin Usaha Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) atau penanaman.

Berikut ini panduan bagaimana mengeksopor melalui situs ini

  1. Pertama-tama perlu untuk mengetahui berbagai istilah mengenai ekspor seperti klasifikasi barang ekspor, istilah bea keluar, dan berbagai istilah ekspor lainnya.
  2. Selanjutnya mengerti kebijakan dan aturan seluk beluk ekspor. Salah satunya dokumen yang harus digunakan untuk ekspor antara lain LC, Invoice & Packing list, Shipping Instruction, Bill of Lading (BL), Airwaybill (AWB), Certificate of Origin (COO), Izin Karantina Hewan/Tumbuhan, Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB), Persetujuan Ekspor (PE), dan Laporan Pemeriksaan BC
  3. Setelah itu, mengetahui Harmonized System atau HS yaitu suatu daftar penggolongan barang yang dibuat secara sistematis dengan tujuan mempermudah penarifan, transaksi perdagangan, pengangkutan, dan statistic yang telah diperbaiki dari sistem klasifikasi sebelumnya.
  4. Tak hanya itu, para eksportir juga harus memahami trade terms (ketentuan perdagangan) dibaca langsung melalui website MadeInIndonesia.com

Untuk lebih memahami dan jelas, calon eksportir dapat mulai belajar berbagai istilah eksportir dan langsung masuk pada website resmi MadeInIndonesia.com untuk mengunduh panduan calon eksportir versi PDF.

Demo Location
Social Links
Address

Jl. Taman Pluit Kencana Selatan No. 28F Jakarta Utara

Phone: +62-855 8500 920

Email: rightnbig@gmail.com

©️Copyrights RnB Coaching & Consulting 2024