Cara Lakukan Ekspor untuk UMKM, Bisa Lewat Online

Cara Lakukan Ekspor untuk UMKM, Bisa Lewat Online

June 2, 2024rnb

Cara Lakukan Ekspor untuk UMKM, Bisa Lewat Online

Berkembangnya teknologi yang semakin pesat membuat platform perdagangan juga semakin berinovasi dan maju. Salah satunya adanya berbagai startup perdagangan atau yang biasa disebut dengan e-commerce. 

Melalui e-commerce baik pedagang maupun pembeli memiliki banyak keuntungan. Tentu saja setiap e-commerce di Indonesia memiliki visi dan misinya sendiri untuk memberikan terbaik pada masyarakat Indonesia.

Salah satunya adalah e-commerce MadeInIndonesia.com yang baru-baru ini mengabarkan berita baik yaitu platform e-commerce MadeInIndonesia akan menyediakan portal ekspor bagi kelompok usaha kecil dan menengah. 

Sebelumnya, MadeInIndonesia.com merupakan e-commerce yang memiliki mekanisme B2B business-to-business. Singkatnya e-commerce ini khusus untuk para konsumen yang akan membeli barang dengan harga grosir dengan tujuan untuk dijual kembali.

Tujuan MadeInIndonesia.com menyediakan portal ekspor untuk para pelaku usaha kecil menengah adalah untuk memangkas mata rantai alur perdagangan lintas negara dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Seperti yang dipratikkan beberapa negara lain.

Perbesar

Tak hanya itu, situs ini juga memberikan wadah agar produsen dan UKM di Indonesia dapat bertransaksi langsung dengan konsumen di luar negeri. Dengan fasilitas portal ekspor dari MadeInIndonesia dapat mengurangi pungutan oleh calo atau broker dalam dunia ekspor juga.

Manfaat lain yang dapat dirasakan para UKM adalah situs ekspor yang dibuka oleh MadeInIndonesia.com adalah UKM di Indonesia dapat menawarkan dan menjual produk pertanian, kerajinan, makanan, dan sebagainya ke pasar ekspor.

Sebenarnya tak hanya UKM Indonesia saja yang dapat memanfaatkan situs ini, tapi juga terbuka bagi perusahaan mana pun yang beroperasi di Indonesia dan pembeli potensial di luar negeri.

Keuntungan yang diperoleh para UKM atau bahkan perorangan yang memanfaatkan situs ini tak hanya terhindar dari calo, tapi juga semakin paham dan mudah dalam menjual segala produk dengan target pasar luar negeri melalui situs ekspor MadeInIndonesia.com hal ini juga selaras dengan fasilitas lain yang ditawarkan yaitu membantu penyediaan kredit ekspor dan jasa pengapalan ke luar negeri.

E-commerce MadeInIndonesia.com walaupun baru saja lahir April tahun lalu tapi telah memiliki dukungan dari berbagai pihak termasuk salah satunya Kementerian Perdagangan dan berbagai perusahaan multinasional yang beroperasi di Indonesia.

Adapun berikut ini syarat-syarat menjadi eksportir menurut MadeInIndonesia.com

  1. Merupakan badan hukum dalam bentuk CV, Firma, PT, Persero, Perum (Perusahaan Perseroan), Perum (Perusahaan Umum), Perjan (Perusahaan Jawatan), Koperasi
  2. Memiliki NPWP
  3. Memiliki salah satu izin yang dikeluarkan oleh Pemerintah seperti:

– SIUP dari Dinas Perdagangan

– Surat Izin Industri dari Dinas Perindustrian

– Izin Usaha Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) atau penanaman.

Berikut ini panduan bagaimana mengeksopor melalui situs ini

  1. Pertama-tama perlu untuk mengetahui berbagai istilah mengenai ekspor seperti klasifikasi barang ekspor, istilah bea keluar, dan berbagai istilah ekspor lainnya.
  2. Selanjutnya mengerti kebijakan dan aturan seluk beluk ekspor. Salah satunya dokumen yang harus digunakan untuk ekspor antara lain LC, Invoice & Packing list, Shipping Instruction, Bill of Lading (BL), Airwaybill (AWB), Certificate of Origin (COO), Izin Karantina Hewan/Tumbuhan, Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB), Persetujuan Ekspor (PE), dan Laporan Pemeriksaan BC
  3. Setelah itu, mengetahui Harmonized System atau HS yaitu suatu daftar penggolongan barang yang dibuat secara sistematis dengan tujuan mempermudah penarifan, transaksi perdagangan, pengangkutan, dan statistic yang telah diperbaiki dari sistem klasifikasi sebelumnya.
  4. Tak hanya itu, para eksportir juga harus memahami trade terms (ketentuan perdagangan) dibaca langsung melalui website MadeInIndonesia.com

Untuk lebih memahami dan jelas, calon eksportir dapat mulai belajar berbagai istilah eksportir dan langsung masuk pada website resmi MadeInIndonesia.com untuk mengunduh panduan calon eksportir versi PDF.

Demo Location
Social Links
Address

Consulting Office :

Gedung Bina Sentra Lantai 3, room 303
Kompleks Perkantoran Bidakara.

Jl. Gatot Subroto No.8 Kavling 71,
RT.8/RW.8, Menteng Dalam,
Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
 

Administration Office :

Jl. Taman Pluit Kencana Blok P No. 28-F Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara 14450 Indonesia

Phone: +62-855 8500 920

Email: rightnbig@gmail.com

©️Copyrights RnB Coaching & Consulting 2024